Rangkuman Materi Bab 3 TIK
Peranan TIK dalam Kehidupan Manusia
1. TIK yang Mengubah Kehidupan Manusia
Berbagai Kemajuan Teknologi
Machine Learning
Machine learning adalah teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia atau binatang, yaitu belajar dari pengalaman.
Computer Vision
Natural Language Processing
1. Chatbot
2. Program translate
3. Analisis sentimen
4. Search Auto-Complete
5. Descriptive Analytic
6. Search auto-connect
7. Form spelling check
Jaringan 5G
1. Komunikasi mesin ke mesin secara masif
2. Komunikasi ultra-reliable dengan latensi rendah
3. Meningkatan layanan telepon mobile
Internet of Things
Electronic Commerce
Electronic Commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet.
Pembayaran Online
Pembayaran Online adalah layanan di internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.
Internet Banking dan SMS Banking
Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan menggunakan internet. Layanan internet banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan di internet.
SMS banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Layanan SMS banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan hanya dengan mengirimkan SMS ke nomor tertentu yang disediakan oleh bank.
Pembayaran Digital
Pembayaran digital (digital payment) adalah metode transaksi atau pembayaran untuk barang atau jasa melalui media digital atau elektronik, tanpa melibatkan alat pembayaran cek atau uang tunai. Beberapa metode pembayaran digital yang banyak digunakan saat ini, diantaranya sebagai berikut.
1. Aplikasi pembayaran mobile
2. Uang digital
3. Aplikasi pembayaran dari media sosial
E-Government
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government atau e-gov (electronic government). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan ditujukan untuk meningkatkan layanan pemerintah untuk masyarakat dan dunia usaha.
Transportasi Berbasis Online
Transportasi berbasis online telah mengubah cara masyarakat mendapat layanan transportasi dan berbagai layanan lainnya. Aplikasi transportasi bebasis online dipelopori oleh Uber yang ada sejak Maret 2009.
Telepon Seluler (Ponsel)
Kehadiran telepon seluler telah mengubah cara manusia berkomunikasi dan cara hidup. Telepon seluler berkembang dari teknologi radio yang telah ada sejak tahun 1940-an hingga menjadi smartphone seperti sekarang.
E-Health
E-health adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Berikut beberapa aplikasi layanan kesehatan yang dilakukan dengan memanfaatkan TIK.
1. Konsultasi dokter online
2. Electronic Health Record (EHR)
3. Clinical Decission Support System (CDSS)
4. WebMD Pain Coach
5. Glucose Buddy
6. uCheck
7. Clinical Trial Seek
8. Healthy Heart 2
9. Kardia Mobile (EKG)
10. CDC
11. Operasi jarak jauh
Mobil Self-Driving
Teknologi mobil self-driving memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi. Saat ini, ada beberapa teknologi yang digunakan untuk membuat mobil self-driving dapat direslisasikan, diantaranmya sebagai berikut.
1. Sensor IoT
2. Konektivitas IoT
3. Algoritma perangkat lunak
2. Media Sosial dan Dampak Penggunaannya
Media Sosial
Media sosial (social media) dapat didefinisikan sebagai saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online dan memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, berbagi konten, dan berkolaborasi dalam komunitas. Pada umumnya, media sosial dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut.
1. Akun pengguna
2. Profil pengguna
3. Teman-teman, pengikut, grup, hashtags, dll.
4. News feeds
5. Notifikasi
6. Memperbarui atau mem-posting informasi
7. Tombol like dan komentar
8. Review, rating, atau sistem voting
Beberapa fitur yang dapat digunakan untuk melindungi diri agar tetap dapat menggunakan media sosial dengan aman adalah sebagi berikut.
1. Mengatur profil dan privasi
2. Unfollow
3. Unfriend
4. Block
5. Mematikan notifikasi
6. Menghentikan komentar
7. Mengatur posting-an dan komentar
Manfaat Penggunaan Media Sosial
1. Membuat pengguna dapat terhubung dengan pengguna lain
2. Pengguna dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain meskipun berada dalam lokasi yang berbeda
3. Membuat pengguna menjadi lebih terbuka
4. Menyediakan banyak informasi
5. Memungkinkan pengguna memberikan pendapat
6. Memberikan kesempatan pada kaum minoritas
7. Memungkinkan orang-orang berkolaborasi
Dampak Buruk dan Bahaya Penggunaan Media Sosial
1. Spam
2. Cyberbullying dan Cyberstalking
3. Memanipulasi jati diri
4. Informasi yang berlebihan
5. Berita palsu atau hoaks
6. Pelanggaran privacy atau security
7. Penipuan
8. Phubbing (phone snubbing)
9. Kecanduan dan gangguan kesehatan
10. Ujaran kebencian
11. Mengancam presiden atau wakil presiden
12. Konten negatif
13. Penghinaan dan pencemaran nama baik
14. Pemerasan dan pengancaman
Etika Penggunaan Media Sosial
1. Menjaga privasi pribadi dan orang lain
2. Hati-hati mem-posting sesuatu
3. Memberi komentar yang wajar dan tidak menyerang pribadi
4. Menggunakan bahasa yang baik
5. Tidak mem-posting konten negatif
6. Menghargai karya orang lain
7. Tidak membagikan berita palsu atau hoaks
8. Menggunakan etika komunikasi yang baik
Ratna Lyvia Putri Taufik
8D/33
Komentar
Posting Komentar