Tugas Essay Algoritma

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan.
Perancangan algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah yang mencakup sejumlah karakteristik.


2. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

1. Pseudocode. Pseudocode adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
2. Flowchart. Flowchart adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda-beda.


3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

1. Jalankan program RoboMind.
2. Dari menu File, klik perintah Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan.
3. Pilihlah Map yang sesuai, contohnya OpenArea. Map baru akan ditampilkan di jendela RoboMind.
4. Jika ada beberapa huruf yang digunakan secara berulang, huruf tersebut dapat ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang-ulang dan tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali.
5. Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf. Contoh, huruf I.
Forward (3)
Left
Forward (8)
Right
6. Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf. Contoh, huruf I.
#Huruf I
PaintWhite
Forward (2)
StopPainting
7. Tambahkan kode untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf berikutnya. Contoh, huruf A.
Right
Forward (2)
Left
Backward (2)
8. Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf yang yang sudah ditempatkan dalam bentuk Procedure. Contoh, Procedure A.
#Huruf A
A()
9. Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain.
10. Untuk melihat apakah kode program berkerja dengan baik, jalankan program tersebut. (Berdasarkan No.5-8 yang ada diatas, program tersebut akan menghasilkan tampilan: I A)
11. Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaanmu.


4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

Variabel adalah objek yang digunakan sebagai tempat menyimpan suatu nilai yang besarnya dapat berubah-ubah.
Tipe data adalah pembagian jenis variabel, dan akan menentukan nilai seperti apa yang akan disimpan pada variabel-variabel yang dapat digunakan.


5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskah langkah algoritmanya!

1. Jalankan Scratch dan buatlah proyek baru.
2. Tambahkan variabel-variabel.
3. Susun letak variabel tersebut.
4. Pada blok Events, tambahkan blok perintah 'When click' ke blok Code untuk megatur cara menjalankan program.
5. Agar suatu variabel tidak ditampilkan di stage, tambahkan perintah hide variable pada blok Variables untuk menyembunyikan variabel.
6. Untuk meminta input dari pengguna, tambahkan perintah 'ask - and wait' pada blok Sensing.
7. Untuk menyimpan input dari pengguna ke variabel yang disediakan, tambahkan blok set - 1 to dan tambahkan blok perintah 'answer'.
8. Tambahkan blok perintah lain yang perlu digunakan.
9. Untuk menampilkan hasil perhitungan kepada pengguna, tambahkan perintah 'say - for - second' dan perintah 'say' sari blok Looks.
10. Jalankan program dan berikan input. Periksa apakah program berjalan seperti yang diinginkan.
11. Simpan program yang sudah dibuat.


6. Jelaskan 3 tipe data yang dapat digunakan di scratch!

1. Tipe Data Boolean, digunakan untuk meyimpan suatu nilai yang berupa True atau False.
2. Tipe Data Numerik, digunakan untuk meyimpan suatu nilai yang berupa bilangan atau angka.
3. Tipe Data Teks atau String, digunakan untuk meyimpan suatu nilai yang berupa teks.


7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai berupa bilangan, sedangkan teks digunakan untuk menyimpan nilai berupa teks.


8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

START
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'P'
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'U'
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'T'
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'R'
Move 'Posisi Awal'
WRITE 'I'
END


9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

Variabel tipe data boolean biasanya digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi.


10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind!

#Huruf P
PaintWhite
Forward (2)
Right
Forward (2)
Right
Forward
Right
Forward (2)
StopPainting


Ratna Lyvia Putri Taufik

8D/33

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Akhir Bab 1 Informatika hal. 70-73

Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Latihan Akhir Bab 2 Informatika Hal. 126-129