Rangkuman Materi Bab 1 TIK

 Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet

Internet dan Jaringan Komputer



Mengenal Internet

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung antara satu sama lain dalam suatu jaringan besar. Kemampuan internet dalam hal komunikasi dan akses informasi membuat internet menjadi pemeran penting sebagai sumber data dan informasi, serta sebagai sarana komunikasi. Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi.

Aplikasi yang paling bayak digunakan untuk menyimpan data dan informasi adalah World Wide Web. Dengan kata lain, informasi yang ada di internet lebih banyak ditempatkan di halaman-halaman web. Selain itu, digunakan juga file dokumen (.doc), rich text file (.rtf), PDF (.pdf), PowerPoint (.ppt), dan sebagainya. Informasi dalam bentuk gambar biasanya disimpan dalam bentuk file gambar PNG, JPG, dan GIF.

Sejarah dan Perkembangan Internet

Pada tahun 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit pertama, yaitu Sputnik I dan membuat Amerika khawatir akan terjadinya perang nuklir. Amerika pun mulai memikirkan cara agar tetap dapat mengendalikan senjata nuklir jika komputer pengendali tersebut terkena serangan musuh dan hancur. 

Pada Agustus 1962, Joseph C. R. Licklider mengembangkan konsep jaringan komputer 'Galactic Network', dan pada Oktober 1962, lembaga riset ARPA (Advanced Research Projects Agency) dibentuk dan ARPA bertanggung jawab melakukan penelitian untuk menemukan cara komputer dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jikalau perang nuklir terjadi. 

Dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi WAN yang pertama pada tahun 1965. Pada tahun 1969, ARPA berhasil membuat jaringan online pertama yang disebut arpanet.

Pada tahun 1986, internet digunakan secara terbuka untuk umum. Dan, 3 tahun kemudian, pengguna internet berkembang dengan pesat. Pada tahun 1990, arpanet resmi ditutup dan digantikan dengan jaringan NSFNET. Pada tahun 1993, dikembangkan aplikasi untuk browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andressen bersama timnya. 

Saat ini, kita dapat mengakses internet melalui jaringan nirkabel WiFi yang tersebar di tempat-tempat umum. Kita juga dapat mengakses internet melalui layanan mobile data dari operator seluler menggunakan teknologi 4G. 

Jaringan Komputer

Kumpulan komputer-komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya disebut jaringan komputer. Dalam jaringan komputer, terdapat komputer server dan komputer klien. 

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer, diantaranya sebagai berikut.

1. Membagi sumber daya

2. Reliabilitas tinggi

3. Menghemat uang

4. Sebagai sarana komunikasi

Berdasarkan luas area yang dicakup oleh jaringan, jaringan komputer dapat dibagi sebagai berikut.

1. Local Area Network (LAN)
    Adalah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam  satu lokasi, misalnya gedung atau perkantoran.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
    Adalah jaringan LAN dalam versi lebih besar dan umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. 

3. Wide Area Network (WAN)
    Adalah jaringan komputer dengan area cakupan satu negara atau benua.

4. Internet
    Merupakan kumpulan LAN, MAN, WAN yang ada di seluruh dunia.

5. Intranet
    Adalah jaringan komputer pribadi milik organisasi tertentu yang hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut dan tidak dibuka untuk umum. 

Menghubungkan Komputer ke Internet

Berikut adalah beberapa istilah yang berhubungan dengan akses internet. 

1. Kecepatan akses internet
  Juga dikenal dengan istilah kecepatan transfer data, kecepatan koneksi, atau lebar bandwidth, diukur denagn besar data yang dapat dilewatkan melalui jaringan dalam satuan waktu. Besar data yang dilewatkan tersebut diukur dengan satuan bit.

2. Internet Service Provider
    Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan Internet Service Provider (ISP). Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan, diantaranya sebagai berikut.
    a. Kecepatan transfer data
    b. Biaya
    c. Luas jangkauan
    d. Teknologi yang digunakan

3. Menggunakan jaringan komputer (LAN)
    Jaringan LAN biasanya dibangun dengan menggunakan teknologi kabel, nirkabel, atau gabungan keduanya.

4. Menggunakan ponsel
    Jika menggunakan layanan data dari operator seluler, komputer dapat dihubungkan ke internet dengan cara mengatur agar ponsel dapat digunakan menjadi titik hotspot atau modem.

5. Menggunakan satelit
      Di daerah pedalaman, akses internet melalui jaringan ISP dan layanan data tidak tersedia. Salah solusinya adlah denagn menggunakan satelit. Satelit digunakan untuk mengirimkan dan menangkap pesan melalui angkasa menggunakan gelombang elektromagnetik.

Berbagai Aplikasi dan Layanan Internet



Berbagai Jenis Aplikasi Internet

1. Discussion board dan newsgroup
    Pada aplikasi discussion board, setiap anggota dapat mem-post sesuatu di forum untuk dibaca oleh anggota lain sesuai denagn topik yang telah disepakati bersama. Sementara itu, newsgroup digunakan untuk membagikan berita dan artikel kepada anggota yang tergabung dalam grup. 

2. World Wide Web
    World Wide Web atau WWW merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk dokumen-dokumen yang disebut halaman web. 

3. Electronic Mail (Email) dan Mailing List
    Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. 

4. Weblog
    Weblog atau lebih populer dengan sebutan blog merupakan bentuk lain dari halaman web. Perbedaannya terletak pada susunan layout tampilannya dan tujuan penggunaannya. 

Selain aplikasi-aplikasi internet tersebut, ada beberapa teknologi baru yang diperkenalkan pada beberapa tahun terakhir ini, di antaranya sebagai berikut.

1. Jejaring sosial dan media sosial

2. Cloud storage

3. Aplikasi berbasis cloud

4. Mesin pencari

Mesin Pencari Google dan Layanan Google Lainnya

1. Faktor penentu hasil pencarian 
    Algoritma pencarian google menggunakan beberapa faktor kunci yang akan membantu menentukan hasil pencarian yang perlu diketahui oleh pengguna agar pengguna dapat memahami bagaimana melakukan pencarian yang paling optimal. 
    a. Pengertian dari query pencarian
    b. Kesesuaian halaman web
    c. Kualitas konten 
    d. Kegunaan halaman web 
    e. Konteks dan pengaturan pencarian 

2. Organisasi informasi pada mesin pencari Google
    Proses pengumpulan informasi tersebut dikenal dengan istilah crawling dan dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut web crawlers

3. Menggunakan mesin pencari Google
    Untuk menampilkan sebuah halaman web dapat dilakukan dengan mengetik alamat URL dari website tersebut di browser. 
    Berikut adalah berbagai teknik pencarian dan pemilihan kata kunci.
    a. Pencarian dengan frasa
    b. Pencarian denagn pengecualian
    c. Pencarian format file tertentu
    d. Domain tertentu
    e. Pencarian gambar
    f. Pembatasan waktu dan bahasa

4. Google terjemahan
    Internet menyimpan informasi dalam berbagai bahasa. Jika menemukan informasi yang menggunakan bahasa asing yang tidak dimengerti, dapat menggunakan fitur Terjemahan yang dimiliki oleh Google. 

Komunikasi dan Keamanan Data 



Komunikasi data 

    Adalah proses pengiriman data dari dua komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas seperti MAN, WAN, maupun internet.
    Komunikasi data antara dua komputer dilakukan denagn menggunakan protokol-protokol. Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua komputer saling mengerti satu sama lain, atau disebut juga bahasa komunikasi komputer. 
    Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan adalah TCP/IP atau Transfer Control Protocol/Internet Protocol. Merupakan kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman di mana masing-masing protokol mempunyai fungsi berbeda dan secara keseluruhan dapat memastikan data yang dikirimkan sampai ke alamat dan aplikasi yang benar serta dalam keadaan tidak tidak rusak. TCP/IP terdiri atas 4 lapis kumpulan protokol sebagai berikut.
    a. Application layer
    b. Transport layer
    c. Internet layer
    d. Network Interface layer

Keamanan data

Hacking adalah usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud mencuri file, data, dan sebagainya. Cracking adalah usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelaku hacking disebut hacker, pelaku cracking disebut cracker
Berikut beberapa teknik pencurian yang sering dilakukan.

1. Eavesdropping
    Adalah tindakan melakukan intersepsi secara real-time yang tidak diotorisasi terhadap komunikasi pribadi, seperti telepon.

2. Snooping 
        Adalah tindakan mengakses data orang lain tanpa otorisasi dan tidak terbatas pada usah mengakses data pada saat data tersebut dikirimkan. 

3. Spoofing 
       Adalah tindakan menyusup ke jaringan internet dengan cara memalsukan IP Address, kemudian melakukan serangan ke jaringan yang berhasil disusup tersebut. 

4. Email spoofing
        Adalah teknik penipuan yang dilakukan dengan cara memalsukan email header sehingga seolah-olah email tersebut berasal dari seseorang dan bukan dari pengirim sebenarnya. 

5. Phishing 
   Adalah teknik penipuan untuk mendapatkan data penting korban dengan cara menggunakan halaman web palsu dan mengarahkan korban agar memalsukan data pentingnya di halaman web palsu tersebut. 

6. Pharming 
      Bentuk lain dari phishing. Perbedaannya terletak pada cara membawa korban ke halaman web palsu tersebut. 

7. Cookies
       Ketika mengunjungi halaman web, sering kali pengguna diminta untuk mengisi userid dan password maupun data lain. Data kemudian disimpan di web server dari web yang bersangkutan, kemudian data tersebut akan dikirimkan kembali sebagai cookies

8. Spyware
       Adalah program mencurigakan yang diinstal secara diam-diam melalui web.

9. Adware 
      Bentuk lain Spyware. Adware memata-matai aktivitas online, lalu menampilkan iklan-iklan yang dianggap cocok untuk korban. Iklan-iklan tersebut muncul secara tiba-tiba di layar dan mengganggu aktivitas korban.

10. Browser hijackers (pembajak browser)
    Bentuk lain Spyware yang dianggap lebih berbahaya. Browser hijackers mengubah pengaturan browser seperti pengaturan homepage dengan halaman web yang diinginkan pembajak. 

Teknologi Keamanan Data

Berikut beberapa teknologi keamanan data yang ada saat ini.

1. Firewall 
   Adalah perangkat yang digunakan untuk membentengi suatu jaringan komputer dari jaringan internet. Firewall menyaring aplikasi dan data yang dapat masuk dan keluar dari jaringan yang dilindunginya. 

2. Enkripsi
    Enkripsi adalah proses menyamarkan sebuah data atau pesan sehingga jika pesan atau data jatuh kepada orang yang tidak berhak, data tersebut tidak dapat dimengerti. Seni untuk menyandikan pesan atau data disebut kriptografi.

Ratna Lyvia Putri Taufik
8D/33

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Akhir Bab 1 Informatika hal. 70-73

Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Latihan Akhir Bab 2 Informatika Hal. 126-129