Hari Pertama Pembelajaran Jarak Jauh

    Nama saya Ratna Lyvia Putri Taufik, kelas 8D, absen 33. Saya akan menceritakan pengalaman saya pada hari pertama pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran baru 2020/2021 ini. 

    Sebelumnya, apa itu pembelajaran jarak jauh? Pembelajaran jarak jauh atau sering disebut PJJ adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. (Sumber: Wikipedia)

    PJJ diberlakukan karena adanya wabah COVID-19. Berbagai peraturan baru diluncurkan oleh pemerintah, seperti physical distancing, wajib pakai masker, dan lain-lain. PJJ adalah salah satu dari peraturan-peraturan tersebut.

    PJJ ini dilakukan melalui jaringan internet (online). Platform yang sering digunakan adalah zoom. Zoom adalah suatu aplikasi rapat telekonferensi yang memungkinkan adanya interaksi dengan video dan suara. 


    Nah, sekarang, saya akan menceritakan pengalaman saya pada hari pertama PJJ.

   Senin, 13 Juli 2020 merupakan hari pertama kami melaksanakan PJJ bertatap muka secara formal melalui Zoom, setelah sebelumnya kami melaksanakan PJJ tanpa tatap muka selama berbulan-bulan. Akhirnya seragam dipakai lagi, ya. 

    Pertama, kami berkenalan dengan wali kelas kita, Ibu IIn. Perkenalan berlangsung singkat saja, karena kelas tidak diacak sehingga teman-teman dikelas masih sama. Hanya guru dan kelas yang berubah. 

    PJJ dilanjutkan dengan penentuan pengurus kelas. Alhasil, terbentuklah jajaran pengurus kelas serta penanggung jawab setiap mata pelajaran. 

    Hari kami lanjutkan dengan pelajaran sesuai jadwal yang telah dibagikan sebelumnya. Perkenalan dilakukan kepada guru yang baru mengajar kami pada tahun ajaran ini, lalu dilanjutkan dengan pembelajaran. Sementara kami langsung masuk ke pembelajaran jika gurunya sudah pernah mengajar kami di kelas 7. 

    PJJ hari pertama diakhiri pukul 12 siang. Zoom diakhiri, dan kami mempersiapkan diri untuk PJJ besok.

    Sekian yang dapat saya ceritakan. Saya harap kalian yang membaca ini menikmatinya. Semoga pandemi ini cepat berakhir, sehingga kita dapat kembali ke sekolah.

  Ratna Lyvia Putri Taufik

8D/33

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Akhir Bab 1 Informatika hal. 70-73

Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Latihan Akhir Bab 2 Informatika Hal. 126-129